RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK
Negeri 2 Jombang
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas / Semester : X/2
Materi Pokok : Substansi dan Strategi dakwah
Rasulullah SAW di Madinah
Alokasi Waktu : 1 x 25 menit
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran diharapkan peserta
didik mampu:
3.10.2.1 Memahami Substansi dakwah
Rasulullah SAW di Madinah dengan tepat
3.10.2.2 Memahami
Strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah dengan tepat
D. Kompetensi Dasar
3.10.2 Memahami
Substansi dan Strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
E. Indikator PencapaianKompetensi
Setelah
mempelajari pembelajaran ini anda diharapkan mempunyai kemampuan sesuai
indikator di bawah ini :
3.10.2.1 Mampu menjelaskan hal-hal yang mendorong Rasulullah SAW hijrah ke Madinah
3.10.2.2
Mampu menceritakan kisah perjalanan Rasulullah SAW hijrah ke Madinah
3.10.2.3 Mampu menjelaskan
Makna Hijrah Rasulullah SAW pada
periode Madinah.
3.10.2.4 Mampu menjelaskan substansi dakwah Rasulullah SAW
pada periode Madinah.
3. 10.2.5 Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah
periode Madinah.
F. Materi Pembelajaran
a. Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah .
1. Hal-hal yang mendorong Rasulullah SAW hijrah ke Madinah
·
Kesulitan-kesulitan Nabi SAW dalam berdakwah
·
Tekanan-tekanan kaum Quraisy terhadap
pengikut-pengikut Nabi SAW, dan terhadap diri Nabi Muhammad
·
Keadaan masyarakat Madinah
·
Gerakan dakwah menanamkan.Islam di Madinah
2. Kisah Hijrah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah
·
Peristiwa hijrah Rasulullah
Saw
Nabi SAW meninggalkan
rumah pada malam tanggal 12 Rabi'ul Awwal 1 H. bersamaan tanggal 28 Juni 622,
pemimpin pemuda Quraisy yang bernama Suraqah beserta kawan-kawannya mengepung
rumah Rasulullah saw di Mekkah. Mereka itu berusaha menangkap dan membunuh Rasulullah
SAW.
Pada saat-saat yang
genting itulah kemudian Rasulullah menerima wahyu dari Allah yang berisi, bahwa
pada saat itu orang-orang musyrik Quraisy berusaha akan membunuh Rasulullah.
Setelah menyampaikan
wahyu itu Malaikat Jibril minta agar Rasulullah jangan tidur di tempat
tidurnya, dan minta supaya beliau hijrah ke Madinah malam itu juga.
·
Sambutan Penduduk Madinah
Kaum Muslimin Madinah menerima
kaum muslimin yang baru datang dari Mekkah itu dengan baik sekali, seperti
menerima keluarganya sendiri yang sudah lama tidak bertemu.
3. Makna Hijrah Rasulullah SAW pada
periode Madinah.
·
Proklamasi berdirinya Negara Islam
·
Islam di Madinah menjadi subur. Pertumbuhan dan
perkembangan Islam pada periode sebelum Nabi saw hijrah bukan saja lambat dan
banyak hambatan, melainkan Peletak dasar politik dan sosial.
·
Berdirinya Ibu Kota dan Masjid Madinah
·
Lahirnya Deklarasi Madinah (Shahifah Madinah)
·
Tumbuhnya rasa percaya diri dan Ukhuwah Islamiyah.
b. Substansi dakwah Rasulullah SAW periode
Madinah
1. Perikemanusiaan (al adatul insaniyah)
2. Demokrasi (asy syura)
3. Persatuan Islam ( al wahdatul Islamiyah)
4. Akhlaq mulia
c. Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
1. Mendirikan masjid
2. Ukhuwah Islamiyah
3. Ukhuwah Wathaniyah
4. Letakkan dasar-dasar
Negara
G. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Tanya jawab
c.
Reading Guide
(Bacaan terbimbing)
H.Media Pembelajaran
a.
Power Point
b.
Video tentang
kisah Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah .
c.
LCD Proyektor
d.
Kartu bacaan/ Peta
konsep
I.SumberBelajar
a. Buku
PAI Kls X Kemdikbud
b. Buku
lain yang menunjang
c.
Internet
J.Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru
mengucapkan salam dan meminta peserta salah satu peserta didik untuk memimpin
doa
2. Guru
memeriksa kehadiran peserta didik
3. Guru mengajak untuk membaca
sholawat bersama-sama
4. Guru menyampaikan
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran dan indikator pencapaian
kompetensi
5. Guru
mengaitkan materi pembelajaran hari
ini dengan materi sebelumnya
|
5 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1.
Guru menayangkan video tentang
kisah Hijrah
Rasulullah SAW ke Madinah .
2.
Peserta didik
mencermati video tentang kisah Hijrah Rasulullah
SAW ke Madinah .
b. Menanya
Melalui pemberian
motivasi dari guru,
peserta didik diminta menceritakan kembali kisah hijrah Rasulullah SAW ke madinah dari hasil
mencermati video.
c. Mengeksplorasi
1.
Guru membagikan potongan kertas yang berisi tentang peta konsep materi kepada
peserta didik, yakni:
·
Hijrah Rasulullah SAW ke Madinah
·
Substansi
dakwah Rasulullah
SAW ke Madinah .
·
Strategi
dakwah Rasulullah
SAW ke Madinah .
2.
Peserta didik diminta untuk membaca dan memahami sambil memikirkan
jawabannya.
3.
Menunjuk Peserta didik membacakan jawaban
4.
Memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk memberikan respon
atau tanggapan
d. Asosiasi
Dari hasil kegiatan eksplorasi diatas, peserta didik diminta untuk mengaitkan keteladanan dari Rasulullah SAW dengan figur
kepemimpinan di era modern.
e. Komunikasi
1. Peserta didik mengungkapkan pendapatnya tentang kaitan dari
keteladanan dari Rasulullah SAW dengan figur kepemimpinan di era modern.
2.
Guru memberikan kesimpulan, klarifikasi dan penguatan terhadap pendapat pesera didik tersebut.
|
15 menit
|
3.
|
Penutup
1.
Guru dan peserta didik merefleksikan proses pembelajaran.
2.
Mengadakan evaluasi
3.
Menyampaikan kegiatan tindak lanjut
4.
Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
5.
Guru mengakhiri pelajaran dengan mengajak peserta
didik bershalawat bersama-sama
|
5 menit
10
enit
|
K.Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Jenis Penilaian: Tes dan Non Tes.
2. Bentuk penilaian tes: Soal Essay (terlampir)
3. Bentuk Penilaian non tes: Penilaian Sikap dan unjuk kerja
(terlampir)
|
Jombang, 7September 2013
Guru Mata Pelajaran PAI
HALIMATUS SA’ADAH, S.Pd.I
NIP. 19840628 200901 2 007
|
LAMPIRAN
a. Soal
Essay
No
|
Soal
|
Kunci jawaban
|
Skor nilai
|
1
|
Jelaskan faktor yang mendorong
hijrahnya Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam ke Madinah !
|
·
Adanya tanda-tanda
perkembangan dakwah Islam yang baik di Madinah
·
Adanya
pemboikotan dalam berbagai aspek yang dilakukan oleh kafir Qurasy
·
Adanya rencana
pembunuhan yang dilakukan kafir Quraisy terhadap Rasulullah shallallahu
’alaihi wasallam
|
20
|
2
|
Jelaskan alasan kaum kafir Quraisy
untuk membunuh Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam!
|
·
Mereka sangat
khawatir apabila Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam dan
pengikutnya memiliki kekuasaan di Madinah, pasti akan menyerang
kafilah-kafilah dagang Quraisy yang pulan dari Syam.
·
Demi keselamatan
dan masa depan bangsa Quraisy
·
Demi
mempertahankan kekuasaan dan kehormatan para pembesar Quraisy
|
20
|
3
|
Jelaskan konspirasi yang dilakukan
oleh kaum kafir Quraisy untuk membunuh Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam
!
|
·
Mereka
mengumpulkan perwakilan pemuda dari tiap-tiap suku Quraisy sehingga jika Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam
terbunuh keluarga beliau tidak dapat membela diri. Kemudian mereka mengepung rumah Rasulullah shallallahu
’alaihi wasallam pada malam hari
dan membunuh beliau di saat sedang tidur.
|
20
|
4
|
Jelaskan substansi dakwah Rasulullah sallallahu ’alaihi wasallam
periode Madinah!
|
·
Perikemanusiaan
(al adatul insaniyah)
·
Demokrasi
(asy syura)
·
Persatuan
Islam ( al wahdatul Islamiyah)
·
Akhlaq
mulia
|
20
|
5
|
Jelaskan strategi dakwah Rasulullah sallallahu ’alaihi wasallam
periode Madinah!
|
·
Mendirikan masjid
·
Ukhuwah Islamiyah
·
Ukhuwah Wathaniyah
·
Letakkan dasar-dasar Negara politik,
ekonomi dan sosial untuk masyarakat Islam
|
20
|
b.
Penilaian
Sikap
Rubrik
Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang diamati
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai
1.
Keaktifan
2.
Kerjasama
3.
Keberanian berpendapat
4.
Keterbukaan terhadap pendapat orang lain
5.
Sikap tanggungjawab
Skor penilaian :
Nilai = Skor
Maksimal x 100
Kriteria Nilai
A = 80
– 100 : Baik
Sekali
B = 70
– 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = 60 : Kurang
c. Unjuk
kerja
Rubrik
Penilaian Unjuk Kerja Membuat kliping
tentang kisah-kisah perjuangan
Rasulullah SAW periode Madinah
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
Catatan
|
||
Ketepatan waktu
|
Kerapian
|
Bobot Isi
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
a.
Kriteria Penilaian.
Ketepan waktu : Bobot
isi: 4 = Sangat tepat 4
= Sangat berbobot
3 = Tepat 3
= Berbobot
2 = Kurang tepat 2
= Kurang berbobot
1 = Tidak tepat 1
= Tidak berbobot
Kerapian
:
4 =
Sangat rapi
3 =
Rapi
2 =
Kurang rapi
1 =
Tidak rapi
b. Nilai merupakan
jumlah dari nilai tiap-tiap indikator perilaku
c. Nilai
maksimum = 12
d. Keterangan nilai
10 - 12 = sangat baik 4 - 6 =
cukup
7 - 9 =
baik 1
- 3 = kurang
DAKWAH
PERIODE MADINAH
|
HIJRAH
|
STRATEGI
|
SUBSTANSI
|
DAKWAH
PERIODE MADINAH
|
HIJRAH
|
STRATEGI
|
SUBSTANSI
|
DAKWAH
PERIODE MADINAH
|
HIJRAH
|
STRATEGI
|
SUBSTANSI
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar